Thursday 24 October 2013

GURU INSPIRASIF, SISWA KREATIF BY A. FUADI, dkk.



Identitas Buku
Judul               : Menjadi Guru Inspiratif: Menyemai Bibit Bangsa
Penulis             : A. Fuadi, dkk
Penerbit           : PT Bentang Pustaka
Terbit               : Desember, 2012
ISBN               : 978-602-8811-80-4
Tebal               : vi + 186 hlm


Melakukan perjalanan seringkali membuat saya bosan. Oleh sebab itu, saya membawa buku sebagai teman perjalanan. Membaca buku di perjalanan adalah salah satu cara saya untuk mengobati kebosanan maupun sebagai sarana untuk menambah pengetahuan.
Begitu juga yang terjadi seminggu lalu. Dalam perjalanan darat dari Surabaya menuju Semarang. Saya membawa buku dengan judul Menjadi Guru Inspiratif: Menyemai Bibit Bangsa karya A. Fuadi, dkk.
Buku bersampul hijau dengan slogan man jadda wajada ini berisi kumpulan kisah tentang guru-guru yang menginspirasi. Guru-guru yang mampu mencetak siswa kreatif. Guru-guru yang sanggup membawa perubahan postif bagi para siswanya. Sebagaimana halnya petani yang membawa perubahan dari serumpun padi menjadi hingga menjadi nasi.
Guru yang baik itu bagai petani. Mereka menyiapkan bahan dan lahan belajar di kelas, memelihara baik-baik bibit penerus bangsa, menyirami mereka dengan ilmu dan memupuk jiwa mereka dengan karakter yang luhur. Bila tiba masa kelulusan, guru akan tersenyum bahagia ketika anak didiknya meninggalkan sekolah, tumbuh besar, dan memberi manfaat buat orang lain” – hal 1-2.
Status guru yang menginspirasi merupakan dambaaan semua guru di setiap kelas yang diajarnya. Lalu bagaimana cara menjadi guru yang menginspirasi? Beberapa jawaban dapat ditemukan dalam kisah-kisah pengalaman para penulis buku Menjadi Guru Inspiratif.   
Bukan ancaman yang seharusnya menghentikan kenakalan mereka, melainkan cinta.
Seharusnya semua guru mempunyai cinta kepada semua murid. Cinta yang akan membawa generasi muda pada kehidupan yang jauh lebih baik” – hal 138.
Selalu ada cara bagi seorang guru kreatif untuk membangun suasana belajar yang kondusif. Semua berasal dari cinta yang dalam dan berasal dari hati yang tulus ikhlas” – 164.     

Rasa terharu, bangga, dan kagum silih berganti menemani lembar-lembar buku Menjadi Guru Inspiratif  hingga halaman cover belakang. Dengan bahasa yang ringan dan alur cerita sederhana, buku ini sesuai sebagai kawan dalam melakukan perjalanan. Selain itu buku Menjadi Guru Inspiratif  dapat menjadi bekal bagi pembaca yang berstatus guru atau pun yang memiliki keinginan untuk menjadi guru. Agar nantinya dapat menjadi guru yang penuh inspirasi dalam membangun kreatifitas siswa. Guru inspiratif, siswa kreatif. 

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungannya