Friday 8 November 2013

TIGA BUKU PALING KECIL DI DUNIA



Pernah berfikir untuk mengoleksi barang-barang mini? Jika ya, berarti miniatur tiga buku ukuran kecil dibawah ini patut untuk dimiliki.
1.    Buku dengan judul Old King Cole yang diterbitkan pada tahun 1985 oleh Gleniffer Press Skotlandia. Dengan ukuran tinggi buku 0,9 mm, Old King Cole berhak atas rekor buku terkecil di dunia selama dua puluh tahun. Wow! Hebat ya.

Sumber: nls.uk





2.   Buku dengan judul Chekhov’s Chameleon yang ditulis oleh Anton Chekhov dan dibuat oleh perajin Anatoly Konenko pada tahun 1996 di Rusia. Ukuran Chekhov’s Chameleon lebih kecil dibandingkan Old King Cole yaitu 0.76 mm x 0.76 mm, dan berisi 30 halaman. Saat ini buku yang dimiliki oleh kepala pustakawan College-Conservatory of Music Library di Amerika ini memegang rekor buku terkecil.  


Sumber: theopenend.com
3.    Buku berjudul Shiki no Kusabana (bunga-bunga musim). Diterbitkan oleh Toppan Printing, perusahaan penerbitan di Jepang. Shiki no Kusabana berisi 22 halaman dengan setiap halaman memuat nama-nama dan ilustrasi monokrom bunga-bunga Jepang, seperti sakura (cherry) dan ume (plum). Hanya saja, untuk melihat gambar-gambar bunga dalam buku ini, kita harus menggunakan mikroskop. Sebab setiap halaman buku hanya berukuran 0,75mm dengan lebar huruf didalamnya sebesar 0,01mm. Pihak Toppan Printing berharap Shiki no Kusabana menjadi buku dengan rekor terkecil di dunia menggantikan Chekhov’s Chameleon

Sumber: c2w.com
Nah, ketiga buku yang disebutkan di atas adalah tiga buku yang termasuk paling kecil di dunia. Oh ya, sedikit bocoran nih, Shiki no Kusabana bisa dibeli di Toppan"s Printing Museum, Tokyo dengan harga sekitar Rp 3 juta saja. Mau?







Referensi
http://news.detik.com/read/2013/09/18/123750/2362066/934/buku-terkecil-dipamerkan-di-skotlandia
http://www.jpnn.com/read/2013/03/15/162818/Buku-Terkecil-Di-Dunia,-Sebesar-Lubang-Jarum-
http://duniaperpustakaan.com/blog/2013/09/19/buku-terkecil-di-dunia/

Artikel Terkait

2 comments:

  1. Bukunya kecil sekali, gimana bacanya ya mbak hehehe

    ReplyDelete
  2. Pake kaca pembesar mbak, kalau gak pake mata hati aja. hehehe

    ReplyDelete

Terima Kasih atas kunjungannya